Rabu, 25 Mei 2016

Mengejar Sunrise di gunung "Banyak Angkrem".


Pegunungan Menoreh adalah kawasan pegunungan/perbukitan yang membentang di wilayah barat Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, sebelah timur Kabupaten Purworejo dan sebagian Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Pegunungan ini sekaligus menjadi batas alamiah bagi ketiga Kabupaten dari dua Provinsi tersebut



Perbukitan Menoreh adalah Surga tersembunyi yang belum banyak terjamah oleh para petualang. Gunung Banyak angkrem salah satunya. Warga sekitar menyebutnya karena bentuk Gunung yang mirip Banyak sedang Angkrem atau mirip "Angsa sedang mengerami telur-telurnya" . Gunung Banyak Angkrem terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Banyak titik awal dan jalur pendakian yang bisa dilalui. Dari kabupaten Purworejo atau Kabupaten Magelang. Di sini belum ada Basecamp resmi, jadi para pendaki yang akan ke Banyak Angkrem bisa memulai dari 2 Desa yang berbeda Kabupaten, yaitu Desa Kalirejo, Salaman Kabupaten Magelang dan Desa Pekacangan Kabupaten Purworejo, sehingga bisa dikatakan bahwa 2 Desa beda Kabupaten itu mengapit Gunung Banyak Angkrem. Rute melalui Salaman kabupaten Magelang adalah rute yang saya pilih. Apabila anda dari area candi Borobudur, sekitar rumah-rumah parkiran atau penitipan sepeda motor anda ambil lurus ke barat ke arah Salaman, setelah anda melihat rumah makan "cipta rasa" di sebelah kiri dengan cat berwarna merah, pelankan kendaraan anda, kemudian ada jalan ke kiri masuk ke sebuah kampung atau desa, ikuti saja terus jalan itu sampai ketemu perempatan kecil, ambil lurus saja, sampai anda melihat tanda tulisan dusun Mlangen, desa Menoreh. Lurus saja sampai ketemu pos ronda yang memberi petunjuk tulisan ke Banyak Angrem yg di depannya ada sebuah masjid dusun Jetis. 





Mengikuti petunjuk itu artinya kita ke lokasi awal pendakian, bagi yang menggunakan mobil hanya bisa berhenti dan parkir di sini, sementara anda yang menggunakan sepeda motor bisa meneruskan perjalanan sampai ke sebuah gubug paling atas dan parkir di situ. Waktu yang tepat untuk ke Gunung Banyak Angkrem adalah pada pagi hari, saat dimana sunrise khas menoreh menampakkan kecantikannya. Pada pagi hari hampir semua Gunung di Jawa tengah kelihatan jelas dan gagah. mulai dari Gunung tidar, "Triple S" Sumbing, Sindoro, Slamet, Ungaran, Andong dan "Double M" Merapi Merbabu yang nampak sangat jelas di Depan mata. 
















Start Pendakian sebaiknya pada pukul 3 pagi atau camping sekalian di puncaknya. Banyak Angkrem mempunyai 2 puncak yang terdiri dari puncak bayangan dan puncak sejati. untuk mencapai puncak sejati cukup berbahaya karena harus melalui batu dengan latar bukit curam yang tentu saja sangat mungkin bila kita terpeleset. Jadi disarankan agar ketika kondisi licin alangkah baiknya bila kita tidak naik ke puncak sejati karena batunya berlumut dan pijakan kakinya sangat terbatas. Nah itulah gambaran singkat salah satu surga tersembunyi di bukit menoreh, walaupun tak setenar spot-spot yang lain, Gunung Banyak Angkrem punya keistimewaan tersendiri yang layak disebut sebagai Surga Tersembunyi . Waktu yang tepat untuk ke Gunung Banyak Angkrem adalah pada pagi hari, saat dimana sunrise khas menoreh menampakkan kecantikannya. Pada pagi hari hampir semua Gunung di Jawa tengah kelihatan jelas dan gagah. mulai dari Gunung tidar, "Triple S" Sumbing, Sindoro, Slamet, Ungaran, Andong dan "Double M" Merapi Merbabu yang nampak sangat jelas di Depan mata. Start Pendakian sebaiknya pada pukul 3 pagi atau camping sekalian di puncaknya. Banyak Angkrem mempunyai 2 puncak yang terdiri dari puncak bayangan dan puncak sejati. untuk mencapai puncak sejati cukup berbahaya karena harus melalui batu dengan latar bukit curam yang tentu saja sangat mungkin bila kita terpeleset. Jadi disarankan agar ketika kondisi licin alangkah baiknya bila kita tidak naik ke puncak sejati karena batunya berlumut dan pijakan kakinya sangat terbatas. Nah itulah gambaran singkat salah satu surga tersembunyi di bukit menoreh, walaupun tak setenar spot-spot yang lain, Gunung Banyak Angkrem punya keistimewaan tersendiri yang layak disebut sebagai Surga Tersembunyi .

"Ingat! selalu bawa turun sampahmu karena sampah plastik tak akan pernah hancur ditelan zaman"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar