Kamis, 26 Juni 2014

Gili Labak | the most long journey in my life! |





Dari Jogja saya perlu waktu 9 jam sampai Krian (Sidoarjo) ini tidak bisanya karena macet + nyantai 2 jam di rumah brotherku Fitro lalu 6 jam sampai ujung Sumenep Kalianget dan menyeberang 3 jam diatas gelombang "GILA"!
Sungguh pengalaman seru! 




Kami bener bener sekelompok yang baru saling kenal, ada bermacam-macam sifat yang saya temui di sini, walaupun pada dasarnya kami bahagia di Pulau ini tetapi saya bisa melihat beberapa kegelisahan hati dari beberapa orang di kelompok ini... yang akhirnya kelanjutan pertemanan kami menjadi saling mengeluarkan curahan hati.


Pulau Gili Labak berada di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura, masuk dalam wilayah desa Kombang Kecamatan Talango Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pulau kecil yang juga dikenal dengan pulau tikus ini, mempunyai luas 5 hektare, dan dihuni sekitar 35 kepala keluarga atau 100 jiwa lebih, yakni perempuan 58 orang dan laki-laki hanya 36 orang dan selebihnya masih usai sekolah.


Untuk sampai ke pulau tersebut, para pengunjung perlu menyeberang terlebih dahulu ke pulau Poteran Kecamatan Talango melalui pelabuhan Kalianget, Sumenep. Dari pelabuhan Kalianget, bisa naik kapal tongkang dengan jarak tempuh sekitar 20 menit, kemudian sesampainya di Kecamatan Talango, langsung menuju Desa Kombang dengan jarak tempuh sekitar 40 menit. Dari Desa Kombang, para penalayan sudah siap menyewakan perahu layar mesin anatar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Lalu, berlayar ke pulau Gili Labak dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam. 


Yang telah kami lakukan bertujuh belas adalah mempersingkat perjalanan dengan mencarter kapal langsung ke Nelayan dengan harga Rp. 500.000- Rp. 800.000 per kapal dan bisa ditempuh langsung selama 3 jam karena gelombang tinggi padahal seharusnya hanya 2 jam. 


2 komentar:

  1. Mau liburan Grup / Privat, harga backpacker,
    kami melayani : Gili Labak - Batu - Malang Selatan - Banyuwangi - Lumajang - Rafting - Bromo - Gunung Kidul - Jogja - Bali Dll...

    Silahkan hub.
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com

    BalasHapus